Kamis, 14 Februari 2013

Memberikan Kado Ketika Anak Berhasil Mencapai Target



anak saya yang bernama Ikhlas (4 thn) sebelumnya sudah lancar dengan toilet trainingnya, bahkan ketika malam pun ia sudah terbiasa buang air kecil sendiri di kamar mandi, tanpa membangunkan ayah bundanya. (kamar mandinya ada di dalam kamar)

namun kebiasaan baik itu lema kelamaan menghilang ketika sempat beberapa kali dia dipakaikan popok sekali pakai oleh eyangnya ketika menginap di rumah eyang dengan alasan kamar mandinya cukup jauh (kamar mandinya berada di luar kamar dan harus melewati ruang tengah dan dapur)dan sedang musim hujan jadi bisa beberapa kali ke kamar mandi.

akhirnya ketika tidur di rumah, dia sudah tidak ingat dengan kebiasaannya untuk buang air kecil di kamar mandi. so, kasur penuh dengan ompolan...

putar otak, terbersit satu ide yaitu memberikan satu targetan pada Ikhlas. dia akan mendapatkan 1 bintang untuk satu malam tanpa ompol. dan ketika sudah ada 10 bintang, dia berhak mendapatkan sepeda baru sesuai dengan harapannya. namun jika ada 1 kali ngompol, maka bintangnya akan diambil kembali sebanyak 1 bintang.

*mengapa 10? karena dalam 7-10 hari kebiasaan akan bisa dibentuk oleh anak kecil.*

dan alhamdulillah, setelah dua minggu, ikhlas kembali lagi pada kebiasaan lamanya yang buang air kecil di kamar mandi tanpa diminta.

dan sekarang saatnya Ikhlas dibelikan kado sepeda.. selamat ya, ikhlas.. ^^

oia, sebenarnya selain diberi kado, anak harus tetap diberi pengertian tujuan targetnya. seperti ikhlas yang sebelumnya sudah saya beritahu bahwa mengompol itu hanya akan membuat dirinya tidak nyaman saat tidur malam. dan dia harus tahu bahwa air seni yang menempel di celana dan kasur adalah najis yang harus dibersihkan dan merupakan tempat kuman bersarang (bisa menyebabkan gatal atau ruam). setelah dia tahu tujuannya tidak boleh mengompol, dia mau untuk mencapai target yang sudah disepakati bersama (oleh anak dan orang tua), dan semangatnya bertambah ketika dia diberikan reward berupa sepeda.

tulisan ini juga bisa dilihat di FP http://www.facebook.com/BeliKadoYuk2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar